Powered by Blogger.

KE MOnas Dan KIsah Tentang BUs Antar Kota

    BlogItemURL> www.ucuagustinprosa.blogspot.com



    KE MOnas Dan KIsah Tentang BUs Antar Kota









    Kami pergi bertiga,

    jalan-jalan nyusur jakarta

    pake kaki dan kadang naik taksi.



    Dan kamipun tibalah di monas



    ngantri satu jam setengah,

    naik lift dan ketemu angin



    Dia tanya kabar kami,ku bilang sedang flu. Temanku bilang, "udaranya enak juga kok,". Dan temanku yang satunya lagi menjawab, "aku pernah ke sini setahun yang lalu, keadaannya masih sama saja. Aku juga nggak berubah sih" lantas dengan tersipu dia tertawa mengajak angin bercanda.



    Maka kami turun ke cawan. Dan tiba-tiba di sela percakapan seorang malaikat kecil memintai kami uang. Dia datang dikirim guntur dan mengaku sedang dikejar sepasukan tentara kegelapan (penjaga yang memakai seragam biru gelap maksudnya). Dia pun lantas bercerita tentang kampungnya yang jauh di Citayam, pergi cari makan di jakarta pusat, sekolah seingatnya, "tapi aku nggak nge-lem lho kak," Begitu katanya.



    Dan perbincangan kami tentang mengolah tenaga menjadi "Chi" terhenti. kisah anak malaikat itu menganggu selera mengobrol kami.



    Tungkai kaki malaikat kecil itu borok, sayapnya yang sebelah kanan sedikit sobek, dan berpuluh cakaran menjejakkan bekas yang susah hilang pipinya.



    "ini bekas cakaran makatiel," ucapnya. Makatiel itu adalah seorang malaikat yang tugasnya menguber malaikat tersesat. Dia jugalah malaikat yang jago mencabut nyawa dan kemana-mana bawa jarum yang isinya racun kematian dan lebih tajam dari sepuluh ribu pisau. Anak malaikat itu mengaku kalau selama ini ia selalu diselamatkan oleh bus.



    Dan temanku yang perempuan tercengang, yang dikatakan malaikat kecil itu tak masuk akal.



    "Diselamatkan bus?"

    "He'eh!" Si malaikat kecil menjawab polos.

    "Nggak ada makanan ya kak?"

    Teman lelakiku yang satu lagi mengorek tasnya.

    "Ya, habis. Tinggal aqua, mau?"

    "nggak ah! Kalau minum doang sih aku selalu punya" Dan dia membuat mata kami terbelalak. Dari matanya tiba-tiba keluar air dan begitu saja airmata itu berkumpul di kelopak matanya, menggumpal dan menunggu dipetik jari-jari kecil sang malaikat borok.

    "Tuh kan! Nggak percaya sih..." malaikat itu menggigit airmatanya sendiri seolah ia tengah menggigit buah pear yang kulitnya telah dikupas bening.



    "Trus tentang bus itu?" Aku bertanya penasaran.

    "Ya begitu... bus nya harus bus antar propinsi. Kalau nggak, ya aku ketangkap juga."

    "Maksudnya?" Aku menyusul cepat

    "Ya kalau kita cuma tinggal di tempat itu-itu juga. Nggak ada yang berubah, Makatiel akan dengan mudah mendapati saya. Ya saya sih gampang aja, pindah kota ganti propinsi bukan perkara sulit. saya nggak punya keluarga, nggak kayak manusia. Makanya bukan masalah besar kalau cuma harus menumpang bus antar propinsi" Dia menggigit lagi airmatanya. Tenggorokannya tampak bergerak.



    "Ya sudah ya, saya takut ketahuan sama penjaga. Tadi masuk ke monas ini nggak pake tiket. He he he" dia tertawa. Dan bagai anai-anai yang terbawa angin, dia pun menghembus hilang terbungkus udara ringan yang menimbulkan sepoi besar, merusakkan tatanan rambutku yang tiap helainya besar dan kasar-kasar.



    Dan teman lelakiku tiba-tiba berdiri. Seolah terilhami, dengan lantang ia pun berkata.

    "Saat ini aku juga harus mencari bus antara kota!"

    Dan dua orang perempuan; aku dan temanku, saling bertatapan.

    "Maksudnya?" Ucap kami berbarengan.

    "Lusa aku akan mencari bus antar kota!"



    Dan tiga hari kemudian, lelaki teman kami itu memang pergi, menumpang bus ke lain propinsi....



    "selamat jalan, kami akan menyusul ke sana untuk berpelesiran...."



    Dan hari ini memang ada yang pergi, entah kapan akan kembali***





    19 September 2003























Post Title

KE MOnas Dan KIsah Tentang BUs Antar Kota


Post URL

http://gallerygirlss.blogspot.com/2004/09/ke-monas-dan-kisah-tentang-bus-antar.html


Visit Gallery Girls for Daily Updated Gallery Girls
Cpx24.com CPM Program

Popular Posts

My Blog List

Blog Archive

Total Pageviews