Powered by Blogger.

Act of Dishonor & Nelofer Pazira






    Act of Dishonor judul film garapannya.
    Fiksi yang beberapa di antaranya based on true story.

    Sesaat setelah pemutaran dan buka puasa bersama, Nelofer yang lahir di afghanistan tapi telah 21 tahun tinggal di kanada bercerita tentang pengalaman temannya, seorang filmaker yang nggak bisa menyelesaikan filmnya. perempuan pemeran utama dalam filmnya, mati. dibunuh suaminya sendiri.

    Semua bermula dari perang di afghanistan dan semua yang berhubungan dengan taliban. perempuan dilarang keluar dan sangat susah untuk melakukan aktifitas luar rumah. sang suami dari pemeran utama filmnya temen nelofer sedang pergi perang, dan itu biasa di sana. tak ada kegiatan dan diyakinkan oleh keadaan di desa yang aman, si perempuan pun berperan.

    "Susah mendapat casting peran perempuan di afghanistan, itu terjadi terutama pada tahun 2001-an ketika kandahar dibikin," ujar nelofer, dan itu juga yang terjadi pada temannya yang fimaker sampai ia bertemu dengan istri dari sang anggota taliban yang suaminya sedang perang.

    Diketahui oleh para tetangga kalau sang istri main film, dengan orang kulit putih pula, maka suami yang pulang perang jadi malu dan geram. maka tanpa ba bi bu, si istri dibunuh karena dianggap menjatuhkan kehormatan keluarga dan bikin malu juga.... film temannya nelofer tak rampung, dan sampai saat sekarang..., masih selalu sulit mendapatkan casting pemeran perempuan yang asli afghanistan.

    Nelofer lahir di India tahun 1973, besar di kabul-afghanistan dan mengalami 10 tahun masa pendudukan soviet sebelum akhirnya ia dan keluarga bermigrasi ke pakistan, yang dari sana.. mereka bermigrasi lagi ke kanada.

    Nelofer seorang perempuan sutradara, wartawan, pembuat dokumenter, penulis skrip... dan kandahar adalah film yang skrip-nya ditulis berdasarkan pengalamannya. Ia dikenal dunia melalui film Kandahar (2001)— yang disutradarai Mohsen Makhmalbaf. ia menjadi pemeran utama yang memerankan dirinya sendiri... seorang wartawan yang kembali ke afghanistan setelah perang...

    Pada tahun 1996, Nelofer melakukan perjalan ke Afghanistan untuk mencari teman-teman masa kecilnya. Ketika itu negeri leluhurnya tersebut sedang dikuasai kelompok militer Taliban yang mengekang kebebasan khususnya kalangan perempuan.

    Act of Dishonour (2010) adalah film terbaru Nelofer Pazira. Film ini berkisah tentang Mena, seorang gadis cantik yang hidup di sebuah desa terpencil Afghanistan Utara. Di desa itu hidup pula tunangannya Rahmat. Penduduk desa mereka yang memegang teguh adat istiadat setempat didatangi serombongan kru film dari Kanada. Momen ini mengawali persinggungan Mena dan penduduk desanya dengan dunia luar. Perjumpaan ini membawa pula ketegangan dan sekaligus pembelajaran bagi kedua belah pihak, dan dalam arti luas bagi dua budaya: Timur dan Barat.

    "I don't make a film to make people like it. I make a film to make people think."
    begitu ucapnya di salihara, 12 agustus 2010.

    setuju denganmu Nelofer...,
    tapi aku juga ingin agar orang berpikir tapi sekaligus juga menyukai pikiran tersebut.
    terarahkan pada pikiran yang sama dengan yang menjadi buah pikiran di dalam film yang kita buat..

    "itulah kenapa pikiran harus ditawarkan, bukan?"
    tanyaku pada ruang dalam pikiranku sendiri...


    http://www.hollywoodreporter.com/hr/film-reviews/act-of-dishonor-film-review-1004101170.story

Post Title

Act of Dishonor & Nelofer Pazira


Post URL

http://gallerygirlss.blogspot.com/2010/08/act-of-dishonor-nelofer-pazira.html


Visit Gallery Girls for Daily Updated Gallery Girls
Cpx24.com CPM Program

Popular Posts

My Blog List

Blog Archive

Total Pageviews